Laman

Thursday, October 20, 2016

Tutorial Paint Tool SAI: Mouse User

     YO WASSAP MA FREN!

    Wah, sudah 5 bulan ya. Hehehe... hehe... he.
    
    Sejak gue memposting tulisan tentang hobi gue di sini, gue jadi sering banget dapat permintaan buat bikin tutorial. Tapi karena gue ngerasa gak jago-jago amat gue cuma bisa jawab dengan jawaban seadanya. "Kapan-kapan, ya. Hehehe.". Sampai sekarang.

    Jadi ceritanya kemaren waktu lagi asik bikin artwork gue mendadak ingat pernah janji buat bikin tutorial. Karena kebetulan juga sudah 5 bulan blog ini terlantar tanpa postingan apapun jadi sekarang gue bakal memenuhi janji gue.

    Untuk menggambar digital gue memang sudah lama menggunakan Paint Tool SAI, selain karena lebih simpel dan mudah dipahami, SAI juga punya beberapa tools keren yang memudahkan pengguna mouse. Hampir semua gambar illustrasi blog, termasuk header, gue buat menggunakan SAI dan mouse.







    Sebelum masuk ke tutorial gue bakal ngejelasin dulu beberapa tools penting untuk pengguna mouse.

1. Curve

     


        Curve adalah tool terpenting untuk menggambar line art. Gunanya untuk membuat garis yang rapih. Bandingkan dengan garis di sebelah kiri yang menggunakan pen. Cara menggunakan tool ini gambang banget, kalian cuma perlu klik satu kali di layer dan garis akan muncul mengikiuti gerakan mouse. Klik dua kali untuk memutuskannya. Tool Curve bisa kalian temukan di Linework. (Lihat bulatan merah di sebelah kanan.)

2. Pressure




     Pressure fungsinya untuk memberi tekanan (melancipkan atau menebalkan) pada garis yang sudah dibuat dengan curve sebelumnya. Caranya, lihat titik hijau dan kuning kecil di layer, arahkan mouse kalian ke titik itu, klik satu kali, lalu gerakan mouse ke kiri untuk mempertajam dan ke kanan untuk menebalkan. Gue biasanya menggunakan tool ini biar line art yang udah gue buat gak keliatan kaku.

     Masih ada beberapa tools yang terdapat di Linework seperti edit, weight, color, dan line. Kalian bisa nyobain sendiri. Percayalah, software ini jauh lebih simpel dibanding Photoshop. Gak akan butuh waktu lama untuk mempelajari setiap tool yang ada di dalamnya. Oke lanjut.....

     Ada dua cara untuk menggambar di SAI menggunakan mouse. Pertama, kalian bisa menggambar secara manual di kertas, scan, lalu ikuti garis yang sudah kalian buat menggunakan curve untuk membentuk line art. Kedua, kalian bisa langsung menggambar di layer. Gue sendiri lebih sering mempraktekan cara kedua karena gue jarang gambar di kertas.

     Sekarang kita beralih ke proses.

     Masuk ke SAI, klik File di pojok kiri atas -> New. Di sini lo bakal disuruh nentuin nama file dan ukuran canvas. Gue sarankan untuk memakai ukuran 1000+ x 1000+ karena jika terlalu kecil otomatis kualitas gambar akan terlihat jelek. Kemudian klik Linework, pilih tool curve, lalu bentuklah sebuah line art sesuka hatimu. 



        Gue bakal nyontohin cara membuat line art wajah.


        Untuk step pertama gue biasanya membuat kerangka terlebih dahulu. (Tool: Pen untuk membuat oval. Curve untuk membuat garis). Oh ya, ketika membuat kerangka gue sarankan opacitynya dikecilkan agar tidak  mengganggu ketika lanjut ke step berikutnya.




     Step kedua yaitu menggambar anggota tubuh seperti kepala, leher, dan badan. Satu lagi, untuk menggambar bagian lain gunakan linework yang berbeda. Misal linework1 untuk membuat kerangka, linework2 untuk bagian tubuh, dan seterusnya.

Manga Style~


      Step berikutnya gue menambahkan objek seperti mata, hidung, alis, telinga, dll. (Tool Curve)


     Selesai! Di step terakhir line art gue lanjutkan dengan menggambar rambut, menghapus kerangka dan menggunakan pressure.

     Jadi begitulah cara menggambar menggunakan mouse dengan SAI.

Setelah coloring secara minamalis.


     Karena sudah terlalu panjang jadi kayaknya bakal gue lanjutkan ke tutorial berikutnya. Makasih buat yang udah nyimak. Kalo ada yang kurang jelas bisa ditanyakan di komentar. Daaaahhhhhhh~

30 comments:

  1. Keren.. Ga kalah sama yang pake pentab

    ReplyDelete
  2. LAH JAGO NIH PAKE MOUSE DOANG :((

    BIKININ GUE KARAKTER GITU DONG BUAT ILUSTRASI DI BLOG HUHU...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beneran nih? Gue mah pengen banget mumpung akhir-akhir ini software gambar dipake cuma buat bikin boobs doang.

      Delete
    2. Anjaaay bikin boobs :)) Id line atau email lo dong kalo gitu, biar enak ngobrolinnya

      Delete
  3. Wah boleh minta kontaknya nggak? Mau ngajak kerja sama. Hahaha.

    ReplyDelete
  4. wah masnya kereen ngegambar pake mouse doang! tutorial untuk buat gradasi atau ngewarnain kulit dong :D

    ReplyDelete
  5. Iih keren. Gw kok tetep bloon yah kalo yang berhubungan sama gitu-gitu. Bikinin gw ilustrasi buat blog gw dong.....

    ReplyDelete
  6. Keren kak
    AGEN BOLA TERPERCAYA | AGEN JUDI BOLA | AGEN BOLA ONLINE
    Hanya ada di http://sport818.com/
    Yuk daftarkan diri anda segera dan banyak bonus menanti anda

    AGEN BOLA TERPERCAYA
    AGEN JUDI BOLA
    AGEN BOLA ONLINE
    Hanya ada di agenbolateraman.com

    ReplyDelete
  7. Bikinin gue juga dong, Bang :) hahaha

    ReplyDelete
  8. Keren keren. Sangaaaar! Kalo gue mustahil deh, gambaran pake mouse mau dimulusin bagaimanapun mungkin tetep aja mencong, orang gambar pake pensil aja ancur-ancuran :v.

    Btw, salam kenal yak! :D

    ReplyDelete
  9. Gua uda liat banget banyak illustrator yang gambarnya keren2..
    Tapi baru kali ini liat yg gambarnya pke mouse..
    biasanya kan pake wacom gituuuuh...
    Salut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, ci! Tapi seriusan, di grup Facebook masih banyak yang lebih jago loh.

      Delete
  10. Keren bro, keep it up your artwork! Tfs ya

    ReplyDelete
  11. kak, bisa jelaskan tetantang bagian putih mata nggak? kan kadang kalo pake animu style matanya ada yang besar gitu :v, kadang ane nggak bisa tentukan besar putih mata dan lengkungnya :v...
    mungkin ini aneh tapi itu fakta :v
    btw, sama-sama mouse user :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oooh. Kalo untuk bagian putih mata sih biasanya dipakein line art dulu buat nentuin ukurannya udah sama atau belum, jadi lineartnya nyambung gitu semata. Kalo udah warnain kulit, baru dihapus lineart tadi. Semoga membantu!
      Wahaha, semangat! Hayok sama-sama belajar! :)

      Hedop mouse user!

      Delete
    2. arigatou kaka :'v
      #mouseuser4life:v

      Delete
  12. keren bgt bro salut dah. Aku juga pakai mouse untuk gambar. tapi masih blum dramatis gambarnya kayak punya kamu. Keren abis 👍

    ReplyDelete
  13. Gan Pain tool sai saya tool pada preassurenya tidak bekerja/tidak ada yang ngaruh" saat di coba masih tetap kaku aja Gan' solusinya gimana yaa Gan?? thx

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  15. waahhh nicee... tq tutornya :D #Salamdarimasadepan

    ReplyDelete
  16. BROKER TERPERCAYA
    TRADING ONLINE INDONESIA
    PILIHAN TRADER #1
    - Tanpa Komisi dan Bebas Biaya Admin.
    - Sistem Edukasi Professional
    - Trading di peralatan apa pun
    - Ada banyak alat analisis
    - Sistem penarikan yang mudah dan dipercaya
    - Transaksi Deposit dan Withdrawal TERCEPAT
    Yukk!!! Segera bergabung di Hashtag Option trading lebih mudah dan rasakan pengalaman trading yang light.
    Nikmati payout hingga 80% dan Bonus Depo pertama 10%** T&C Applied dengan minimal depo 50.000,- bebas biaya admin
    Proses deposit via transfer bank lokal yang cepat dan withdrawal dengan metode yang sama
    Anda juga dapat bonus Referral 1% dari profit investasi tanpa turnover......

    Kunjungi website kami di www.hashtagoption.com Rasakan pengalaman trading yang luar biasa!!!

    ReplyDelete
  17. Masih binggung sama SAI:( masa tool punya saya beda ya? Gak ada curve nya juga. Lebih enak pke mangastudio :(

    ReplyDelete